candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTERGRASI PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAHAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SALAH SATU SEKOLAH DAERAH TANGERANG SELATAN

Hariyanto Hariyanto, Sri Yamtinah, Sukarmin Sukarmin, Sulistyo Saputro, Lina Mahardiani

Abstract


Model Project Based Learning (PjBL) dan pendekatan STEM merupakan perpaduan yang sangat cocok untuk diterapkan dalam kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai implementasi model PjBL terintegrasi pendekatan STEM untuk meningkatkan pemahahaman konsep peserta didik di salah satu sekolah daerah Tangerang Selatan. Metode yang digunakan berupa metode eksperimen dengan desain posttest only control group design. Instrumen pengumpul data penelitian berupa soal test berjumlah 20 butir. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 orang yang terbagi menjadi masing-masing 38 di kelas eksperimen dan selebihnya dikelas kontrol. Analisis data yang digunakan berupa uji t pihak kanan yang didasarkan asumsi bahwa penerapan model PjBL terintegrasi pendekatan STEM akan lebih baik baik dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dibandingkan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep kelas eskperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini didasarkan dari hasil t hitung sebesar 3,693 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,657, dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil ini membuat H0 ditolak dan H1 di terima, sehingga dapat dikatakan bahwa model PjBL terintegrasi STEM lebih baik dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil lain berupa keterlaksanaan sintaks pembelajaran menunjukkan setiap aspek keterlaksanaan sudah mencapai rerata 99.75% dalam kategori sangat baik.

Keywords


model PjBL; pendekatan STEM; eksperimen; posttest only control grup design; pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Addin, Istiqomah, Tri Redjeki, dan Sri Retno Dwi Ariani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basah di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia UNS, vol. 3. no. 4, hlm 7-16.

Afifa, Nur Afni., Nur Ilmayati.,& Toto. 2019. Model Project Based Learning (PjBL) terintegrasi Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi, vol. 11, no. 2, hlm. 73-78.

Afriana, Jaka et al. 2016. Project Based Learning Integrated to STEM to Enhance Elementary School’s Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 5. no. 2, hlm. 261- 267.

Altan, Bozkurt Esra dan Serhat Ercan, 2016. STEM Education Program for Science Teachers: Perpections and Competencies. Journal of Turkish Science Education, vol. 1, no. 13, hlm. 103-117.

Firman, H. 2015. Pendidikan sains berbasis STEM: Konsep, pengembangan, dan peranan riset pascasarjana. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PLKH Universitas Pakuan, Agustus 2015. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Furi, Lani Meita Indah, Sri Handayani, dan Shinta Maharani. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 35. No. 1, hlm. 49-60.

Lestari, Diah Ayu Budi, Budi Astuti, dan Teguh Darsono. 2018. Implementasi LKS dengan Pendekatan Science, Technologi, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol 4. no. 2, hlm.202-207

Lutfi, Ismail, dan Andi Asmawati Azis. 2017. Pengaruh Project Based Learning Terintergrasi STEM terhadap Literasi Sains, Kreativitas, dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, UNM. Makasar, 2017, hlm. 189-194.

Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif Universitas Indraprasta PGRI, vol. 6. no. 2, hlm, 149-160.

Permanasari, Anna. 2016. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, 22 Oktober 2016. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.