PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTERGRASI PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAHAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SALAH SATU SEKOLAH DAERAH TANGERANG SELATAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Addin, Istiqomah, Tri Redjeki, dan Sri Retno Dwi Ariani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basah di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia UNS, vol. 3. no. 4, hlm 7-16.
Afifa, Nur Afni., Nur Ilmayati.,& Toto. 2019. Model Project Based Learning (PjBL) terintegrasi Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi, vol. 11, no. 2, hlm. 73-78.
Afriana, Jaka et al. 2016. Project Based Learning Integrated to STEM to Enhance Elementary School’s Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 5. no. 2, hlm. 261- 267.
Altan, Bozkurt Esra dan Serhat Ercan, 2016. STEM Education Program for Science Teachers: Perpections and Competencies. Journal of Turkish Science Education, vol. 1, no. 13, hlm. 103-117.
Firman, H. 2015. Pendidikan sains berbasis STEM: Konsep, pengembangan, dan peranan riset pascasarjana. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PLKH Universitas Pakuan, Agustus 2015. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Furi, Lani Meita Indah, Sri Handayani, dan Shinta Maharani. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 35. No. 1, hlm. 49-60.
Lestari, Diah Ayu Budi, Budi Astuti, dan Teguh Darsono. 2018. Implementasi LKS dengan Pendekatan Science, Technologi, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol 4. no. 2, hlm.202-207
Lutfi, Ismail, dan Andi Asmawati Azis. 2017. Pengaruh Project Based Learning Terintergrasi STEM terhadap Literasi Sains, Kreativitas, dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, UNM. Makasar, 2017, hlm. 189-194.
Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif Universitas Indraprasta PGRI, vol. 6. no. 2, hlm, 149-160.
Permanasari, Anna. 2016. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, 22 Oktober 2016. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Refbacks
- There are currently no refbacks.