candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENGHADAPI KRISIS LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH DASAR

Wigbertus Gaut Utama, Wahyuni Purnami, Fransiska Jaiman Madu

Abstract


Upaya menghadapi krisis lingkungan hidup dewasa ini perlu mendapat perhatian dunia pendidikan. Hal ini terkait dengan penanaman kepedulian lingkungan pada peserta didik sejak dini dengan menyelenggarakan pembelajaran khusus di sekolah melalui mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Untuk memenuhi harapan tersebut, haruslah dirancang Modul Pendidikan Lingkungan Hidup SD. Modul tersebut harus berbasis pada kearifan lokal, sehingga bersifat kontekstual. Penelitian ini bertujuan merancang Modul Pendidikan Lingkungan Hidup yang dapat digunakan di SD dalam wilayah Kabupaten Manggarai. Pengembangan dilakukan melalui metode 3D (define, desaign dan development). Pada tahap Define (pendefinisian) dilakukan pengkajian standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan pengumpulan referensi materi yang berhubungan dengan lingkungan serta kearifan-kearifan local yang mendukung permalahan lingkungan. Tahap Design (perancangan) merupakan tahapan merancang Modul Pendidikan Lingkungan Hidup. Pada tahap Development (pengembangan) dilakukan pembuatan modul pendidikan lingkungan hidup berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba.Hasil pengembangan menunjukkan beberapa perbaikan pada modul yang telah dirancang terutama terkait dengan desain dan kebahasaan. Modul yang telah diperbaiki diuji coba kembali sehingga direkomendasikan layak untuk digunakan di SD dalam wilayah Kabupaten Manggarai.

Keywords


PLH; Kesadaran Lingkungan; Budaya Lokal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.