candi borobudur kerajaan di indonesia

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI PEMBIASAAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Esti Untari, Nikmatul Rohmah, Dian Wahyu Lestari

Abstract


Permasalahan yang belum dapat diatasi pada ujian akhir nasional yakni kesulitan siswa menghadapi soal bertipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). HOTS adalah cara berfikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada menghafal, atau menceritakan kembali sesuatu yang diceritakan orang lain. Keterampilan HOTS ini awalnya berdasarkan Taksonomi Bloom yang mengkategorikan berbagai tingkat pemikiran mulai dari yang terendah (pengetahuan, pemahaman, penerapan) hingga tertinggi (analisis, sintesis dan evaluasi). Pada umumnya variasi soal yang dikerjakan oleh siswa Sekolah Dasar hanya sebatas tingkat pengetahuan berfikir rendah saja, belum sampai tingkat berfikir tinggi. Pada Siswa Sekolah Dasar sudah saatnya dikenalkan tentang HOTS dalam model sederhana, untuk membiasakan tingkat berfikir tinggi pada siswa maka dapat digunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pembelajaran IPA. Problem Based Learning adalah pembelajaran yang menggunakan masalah autentik tidak terstruktur dan bersifat terbuka bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan, menyelesaikan masalah dan berpikir kritis. Adapun sintaks dari PBM meliputi: 1) Orientation, 2) Organitation, 3) Individual and Group Guiding, 4) Development dan 5) Analisis and Evaluation. Model pembelajaran PBL ini sangat sesuai digunakan untuk mengembangkan HOTS, karena tujuan utama dari PBL untuk merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Keywords


berfikir tinggi; model PBL; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.