candi borobudur kerajaan di indonesia

PROFIL LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YANG DIPEROLEH DARI UJIAN BERBASIS KOMPUTER

Asniar Asniar, Anna Permanasari, Harry Firman, Taufik Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik instrumen soal literasi sains berbasis multimedia untuk siswa sekolah menengah pertama. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif di salah satu sekolah swasta di kota Bandung dengan sampel siswa kelas tiga berjumlah 99 orang yang sedang mengikuti ujian nasional. Alur penelitian yang dilakukan yaitu melakukan kunjungan ke sekolah menengah pertama yang sudah menerapkan ujian nasional berbasis komputer, mengkaji literatur yang berhubungan dengan fokus penelitian, wawancara dengan guru IPA mengenai pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan memberikan angket kepada siswa dan wawancara dengan bagian kurikulum sekolah. Instrumen penelitian berupa angket (angket mengenai metode pembelajaran dan variasi evaluasi pembelajaran) dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama ini kegiatan pembelajaran menggunakan teknologi seperti komputer hanya dilakukan oleh guru untuk mempresentasikan pembelajaran. Sedangkan untuk kegiatan evaluasi seperti ulangan harian ataupun tugas, masih menggunakan kertas dan pensil. Siswa berpendapat keterampilan menggunakan teknologi seperti komputer diperlukan oleh siswa terutama oleh siswa kelas tiga (SS = 80,8%, S = 9,1%), untuk dapat memiliki keterampilan menggunakan komputer dalam menghadapi UNBK diperlukan suatu pembiasaan atau pengkondisian (SS = 70,7%, S = 29,3%) serta penggunaan komputer dalam evaluasi memungkinkan soal tidak terbatas pada visual saja tetapi juga audio visual (SS = 90,9%, S = 9,1%)

Keywords


UNBK; instrumen; multimedia; IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.