candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA SPREADSHEET PADA MATERI HUKUM OHM UNTUK MENINGKATKAN HOTS PADA PESERTA DIDIK

Kurnia Devita Sari, Adventia Putri Pradita

Abstract


Tuntutan Kurikulum 2013 memiliki 3 aspek yaitu inquiry, literasi, dan High Order Thinking Skills (HOTS). Untuk mencapai tuntutan dalam aspek inquiry dalam suatu pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Model pembelajaran Discovery Learning didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar idak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan untuk mengorganisasi(membangun/menemukan) sendiri. Selain itu di era digital ini diharapkan seorang pendidik dapat menggunakan media berbasis teknologi, salah satunya dengan menggunakan media Spreadsheet pada Microsoft Excel. Dalam menggunakan media Spreadsheet diharapkan dapat membantu peserta didik untuk mengorganisasi data-data yang didapatkan menjadi sebuah grafik, dan dapat membaca grafik yang ditampilkan pada Spreadsheet serta menilai hasil dari grafik yang ditampilkan.Kegiatan menganalisis tersebut merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membalajarkan cara berfikir tingkat tinggi mengenai materi Hukum Ohm dengan perilaku sesuai dengan ranah kognitif Bloom pada level analisis. Sebab menurut Taksonomi Bloom untuk membelajarkan HOTS dapat diukur dengan perilaku pada level C4 (Analisis), C5 (Evaluasi) serta C6 (Mengkreasi). Serta dalam kegitan pembelajaran ini dapat melatih peserta didik untuk Creative dan Critical Thingking. Dengan demikian pembelajaran yang bersifat High Order Thinking Skills (HOTS) dapat tercapai melalui kegiatan ini. Selain itu kegitan membaca grafik dan data ini merupakan salah satu kegitran untuk memenuhi tuntutan kurikulum 2013 dalam aspek literasi.


Keywords


Inquiry; teknologi; Taksonomi Bloom; media pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.