candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

Ayang Kinasih, Erni Mariana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi, (2) mendapatkan bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi yang telah memenuhi kriteria kelayakan, (3) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi. Metode penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Pengembangan bahan ajar ini dinilai berdasarkan kelayakan isi, penyajian, dan bahasa oleh dosen, guru, dan peer review. Berdasarkan validasi kelayakan isi, penyajian, dan bahasa, bahan ajar kemudian diujicobakan kecil kepada 10 siswa. Setelah direvisi, modul diujicobakan ke kelas XMIA 4.Kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis dengan uji parametrik dua sampel berpasangan menggunakan software PASW Statistic 18. Hasil penelitian ini adalah (1) Bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi dikembangkan menggunakan komponen pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains dengan menggunakan model 4-D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate, (2) bahan ajar dikategorikan layak dengan hasil perhitungan (ahli materi, ahli media, guru, teman sejawat) yang menunjukkan nilai rata-rata 102 > cut off  78. Serta didukung dengan respon baik dari siswa dan hasil disseminate yang diserahkan pada 5 guru yang mengkategorikan bahan ajar baik, dan (3) kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi mengalami peningkatan. Peningkatan 4 aspek kemampuan berpikir kreatif meliputi aspek kelancaran, aspek keluwesan, aspek keaslian, dan aspek memperinci pada kategori sedang.

Keywords


penelitian dan pengembangan; materi usaha dan energi; kelayakan modul

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.