ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Problem Based Learning (PBL) adalah model yang pembelajarannya mengaitkan dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan penyelesaian masalah diharapkan dapat melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis mahasiswa setelah implementasi model pembelajaran problem based learning. Subjek penelitian ini adalah 40 mahasiswa yang menempuh mata kuliah fisika dasar 1 pada materi gaya dan hukum Newton. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Teknik pengambilan data keterampilan berpikir kritis mahasiswa menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada materi gaya dan hukum Newton adalah 72 dengan kategori kritis.
Keywords
berpikir kritis; gaya; hukum Newton; PBL
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.