PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MACROMEDIA FLASH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI SISTEM GERAK PADA TUMBUHAN
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui Macromedia flash dengan strategi pembelajaran Guided note taking pada materi sistem gerak pada tumbuhan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus menempuh empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan peneliti yang bertindak sebagai pengajar dan dibantu guru IPA sebagai pengamat aktivitas siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pre test nilai rata-rata kelas 67,17 dan yang mencapai tuntas belajar 11 siswa atau 32,4%. Setelah dilakukan pembelajaran melalui macromedia flash dengan strategi pembelajaran Guided Note TakingĀ pada siklus I nilai rata-rata 73,08, siswa yang tuntas belajar 21 atau 61,8%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 84,79 dan yang tuntas belajar 29 siswa atau 85,3%. Jadi hasil belajar IPA melalui Macromedia Flash dengan Strategi pembelajaran Guided Note Taking pada materi gerak pada tumbuhan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Ceper menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan.
Keywords
Guided Note Taking; Macromedia Flash; Hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.