candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERSAMAAN REAKSI KIMIA MELALUI PERMAINAN KARTU ION PADA SISWA KELAS XI KI C SMK NEGERI 2 SUKOHARJO SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Teguh Pangajuanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1)  Kualitas pembelajaran rumus kimia dan persamaan reaksi melalui pendekatan kontekstual berbasis permainan kartu ion pada siswa Kelas XI KI C SMK Negeri 2 Sukoharjo. (2)  Hasil belajar menulis persamaan reaksi kimia pada siswa Kelas XI KI C SMK Negeri 2 Sukoharjo. (3)  Perubahan perilaku siswa yang menyertai peningkatan hasil belajar menulis persamaan reaksi kimia melalui pendekatan kontekstual berbasis permainan kartu ion pada siswa Kelas XI KI C SMK Negeri 2 Sukoharjo.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek  penelitian adalah siswa kelas XI KI C SMK Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berupa kegiatan pembelajaran, kolaborator dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan pengamatan, tanya jawab, dan analisis data. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik diskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Siswa yang termotivasi untuk belajar rumus kimia dan persamaan reaksi dengan sungguh-sungguh sebesar 82,35 % pada siklus pertama, dan 97,06 % pada siklus kedua, (2) Siswa aktif sebanyak 94,12 % pada siklus pertama, dan 100 % pada siklus kedua, dan (3) Siswa yang mampu menulis persamaan reaksi kimia dengan nilai 75 ke atas mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, yaitu 44 %  pada siklus pertama dan 61,76 % pada siklus kedua atau meningkatnya jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dalam menulis persamaan reaksi, yaitu : pada siklus 1 sebanyak 11 siswa dan pada siklus 2 sebanyak 21 siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual berbasis permainan kartu ion dapat meningkatkan kualitas, kompetensi dan perubahan perilaku  dalam menulis persamaan reaksi kimia pada siswa kelas XI KI C SMK Negeri 2 Sukoharjo.

Keywords


aktivitas; kemampuan; motivasi; pendekatan kontekstual; perilaku

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.