candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI MODEL POE2WE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN GERAK LURUS DI SMA

Nana Nana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model POE2WE dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran model PBL pada SMA di Kabupaten Ciamis Jawa Barat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu yang dilakukan pada beberapa sekolah di Kabupaten Ciamis yang dijadikan contoh penerapan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2013/2014 kelas X materi Gerak Lurus. Untuk memperoleh data digunakan instrumen penelitian yaitu: pre-test dan post-test, angket siswa, observasi keterlaksanaan pembelajaran model POE2WE, dan wawancara untuk tanggapan guru. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan gain yang dinormalisasi pada kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model POE2WE dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran model PBL. Data dihasilkan rata-rata nilai antara pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 42, 50 dan kelas kontrol adalah 29,93 dan terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen N-gain= 0,8 ( berkategori tinggi) dan kelas kontrol N-gain= 0,5 (berkategori sedang). Uji efektivitas dihasilkan nilai Sig (2-tailed) (0,000) <  (0,05).

Keywords


Pendekatan Saintifik ; Model POE2WE; Fisika SMA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.