candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI PEMBELAJARAN SUHU DAN KALOR

Nana Nana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui adanya miskonsepsi siswa pada pembelajaran suhu dan kalor (2) Penggunaan pendekatan konflik kognitif untuk mengurangi miskonsepsi siswa dalam pembelajaran suhu dan kalor. Sejalan dengan tujuan tersebut, maka pada penelitian ini digunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Rajadesa Ciamis Jawa Barat dan teknik pengumpulan data adalah dengan tes diagnostik miskonsepsi berbentuk obyektif beralasan yang diberikan sebelum dan sesudah remediasi Analisis data yang digunakan, yaitu analisa deskriptif tanpa statistik dengan jalan menganalisa per item soal untuk diambil kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diperoleh (1) presentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada pembelajaran suhu dan kalor rata-rata kelas 8A = 70,4 % kelas 8B = 67,1 %. (2) Pendekatan konflik kognitif dapat mengurangi miskonsepsi siswa pada konsep suhu dan kalor dengan tingkat pemahaman rata-rata sebesar 8A = 92, 6 % dan 8B = 92,3 %.

Keywords


konflik kognitif; remediasi; miskonsepsi; suhu dan kalor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.