VIDEO PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POTENSI LINGKUNGAN LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMP/MTs DI SULAWESI TENGGARA
Abstract
Karakteristik kurikulum 2013 menginstruksikan agar dalam pembelajaran memanfaatkan potensi lingkungan lokal sebagai sumber belajar. Sulawesi Tenggara merupakan daerah yang memiliki beragam potensi alam yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar IPA di sekolah. Terkait dengan hal tersebut perlu dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran berupa video pembelajaran berbasis potensi lingkungan lokal. Tujuan penelitian ini adalah tersedianya video pembelajaran IPA berbasis potensi lingkungan lokal sebagai sumber belajar bagi siswa SMP/MTs di Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Reseach and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall dengan tahapan sebagai berikut: 1) melakukan pengumpulan informasi (Studi literatur, pengamatan dalam kelas, wawancara), 2) melakukan perancangan (merumuskan tujuan penelitian), dan 3) mengembangkan bentuk produk awal (Prototipe video pembelajaran). Hasil penelitian diperoleh bahwa potensi lingkungan lokal yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar terdapat: (1) di Taman Nasional Rawa Aopa Watumhai kabupaten Konawe Selatan, Taman Laut Nasional Wakatobi di kabupaten Wakatobi, dan Kawasan Pengunungan Mekongga di kabupaten Kolaka. (2) dihasilkan prototipe video pembelajaran IPA berbasis potensi lingkungan lokal yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa SMP/MTs.
Keywords
Kurikulum 2013; sumber daya alam; prototipe media pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.