candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS VALIDITAS ISI COMPUTERIZED TWO-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGUKUR LITERASI SAINS SISWA

Marantika Lia Kristyasari, Sri Yamtinah, Suryadi Budi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas isi instrumen penilaian Computerized Two-Tier Multiple Choice (CTTMC) untuk mengukur literasi sains siswa pada materi IPA Terpadu SMP. Instrumen CTTMC merupakan instrumen penilaian berupa soal pilihan ganda bertingkat dua yang terdiri dari first tier (berisi pilihan jawaban) dan second tier (alasan pemilihan jawaban). Analisis validitas isi instrumen penilaian ini menggunakan formula Aiken (1985). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, berdasarkan hasil perhitungan validitas isi dari formula Aiken. Data validitas isi diperoleh dari 9 validator yang terdiri 3 dosen ahli (bidang biologi, fisika, kimia, dan evaluasi), sedangkan 6 orang lainnya berasal dari guru IPA SMP di kota Surakarta melalui forum group discussion (FGD). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai validitas isi tertinggi adalah 1, 2) indeks validitas isi (Vtabel) diperoleh 0.74, 3) prosentase validitas isi sebesar 80%, 4) diperoleh 24 item soal CTTMC untuk mengukur literasi sains yang dinyatakan valid dari 30 item soal yang di validiasi.


Keywords


FGD; formula Aiken; IPA Terpadu; instrumen penilaian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.