candi borobudur kerajaan di indonesia

UJI VALIDITAS COMPUTERIZED TWO-TIER MULTIPLE CHOICE (CTTMC) MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) UNTUK MENDIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA

Fetra May Dawati, Sri Yamtinah, Sentot Budi Rahardjo, Ashadi Ashadi, Nurma Yunita Indriyanti

Abstract


Focus Group Discussion (FGD) merupakan diskusi kelompok terarah yang merupakan suatu proses pengumpulan informasi mengenai suatu masalah tertentu dan spesifik. FGD ini diikuti oleh 6 guru SMA di Surakarta. FGD ini bertujuan menentukan indikator sekaligus validitas isi dari instrumen CTTMC (Computerized Two-Tier Multiple Choice). Instrumen CTTMC merupakan instrumen penilaian yang terdiri dari dua tingkat, dimana tingkat pertama merupakan soal dengan option jawaban biasa dan tingkat kedua merupakan alasan dari jawaban tingkat pertama Selain itu instrumen CTTMC ini sudah menggunakan komputer. Studi ini menggunakan metode analisis deskriptif.  Validitas isi diperoleh dengan menggunakan formula Aiken (1985: 955). Berdasarkan hasil FGD diperoleh 25 instrumen soal yang valid yang dapat digunakan untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa dengan saran bahwa intrumen CTTMC harus menggunkan bahasa yang hierarki, penulisan option diwalai dengan huruf kecil, penyebaran soal harus merata dan indikator soal harus sesuai dengan pertanyaan.

Keywords


Instrumen CTTMC; FGD; kesulitan belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.