candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS BUKU AJAR KIMIA KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA DI KOTA SURAKARTA BERDASARKAN MUATAN LITERASI SAINS

Diah Nur’aini, Sentot Budi Rahardjo, Elfi Susanti Vh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai muatan literasi sains pada bahan ajar kimia kelas XI SMA, khususnya pada materi termokimia. Kategori literasi sains yang dianalisis adalah 1) pengetahuan sains (the knowledge of science), 2) penyelidikan hakikat sains (the investigative of science), 3) sains sebagai cara berpikir (science as a way of thinking), 4) interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat (interaction of science, technology, and society). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan oleh guru Kimia SMA, yaitu SMA N 2 dan SMA N 8 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara menganalisis bahan ajar yang digunakan di SMA N 2 dan SMA N 8 Surakarta. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian analisis data menunjukkan bahwa muatan literasi sains yang paling banyak dimuat dalam bahan ajar adalah pengetahuan sains yaitu sebesar 88, 89 % untuk buku 1, dan 62,9 % untuk buku 2, selanjutnya penyelidikan hakikat sains sebesar 51,11% pada buku 1 dan 42,2 % pada buku 2, interaksi sains teknologi dan masyarakat sebesar 15,5 % pada buku 1 dan 2,7% pada buku 2, dan sains sebagai cara berpikir sebesar 5,5 % pada buku 1 dan 2,7% pada buku 2.


Keywords


Analisis; bahan ajar; literasi sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.