candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA POKOK PEMBAHASAN LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA N 1 WONOSEGORO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Menik Purpuniyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Devision) pada pokok bahasan Larutan Penyangga di SMA Negeri  1 Wonosegoro, Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Wonosegoro Boyolali pada tahun pelajaran 2016/2017. Pada model pembelajaran kooperatif STAD ini siswa yang telah dikelompokkan dengan cara heterogen yang mana siswa punya tanggung jawab untuk saling membantu anggotanya sampai bisa menguasai materi yang ada, setelah guru menyajikan materi yang akan dibahas. Sebagai ketua kelompok adalah siswa yang memiliki nilai paling tinggi di dalam kelompok. Setelah guru menyajikan materi, siswa bekerja dalam kelompoknya, dan setelah selesai dalam kegiatannya diberikan tes/evaluasi untuk mengetahui penguasaan materi dari masing-masing siswa, karena tes ini dilakukan secara individual, meski pemberian nilai tetap dilakukan secara individual dan kekompok. Dan kelompok yang memiliki nilai tertinggi di berikan penghargaan/reward. Hasil dari penelitian ini pada siklus I menunjukkan sedikit peningkatan, yang sebelumnya dari 37,5% menjadi 62,5%. Hasil yang didapat belum begitu memuaskan, hal ini terjadi karena beberapa hal, diantaranya siswa belum terbiasa bekerja sama dengan siswa yang lain yang menuntut seluruh anggota untuk benar – benar menguasai materi, hal lain adalah bahwa ketua kelompok yang memiliki nilai paling tinggi diantara anggota yang lain ternyata tidak semuanya mampu menjelaskan dengan baik kepada anggota yang lain. Dengan motivasi dari guru, ada siklus II didapat hasil yang baik, yaitu 94% siswa tuntas belajar dari 32 siswa yang ada dalam kelas.


Keywords


Student Teams Achievement Division (STAD); motivasi; hasil belajar; larutan penyangga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.