candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 1 JATEN

Turino Adi Irawan, Sentot Budi Rahardjo, Sarwanto Sarwanto

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting bagi siswa karna dapat menghubungkan kesenjangan antara masalah-masalah yang diajarkan di sekolah dengan masalah-masalah di lapangan (dunia nyata). Hal ini akan berdampak pada peningkatkan kualitas pendidikan nasional dan kesiapan siswa lulusan Indonesia menyongsong era globalisasi yang penuh tantangan dan iklim kehidupan yang sangat kompetitif. Oleh karna itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yaitu hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data dianalisis berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis yang telah ditetapkan oleh peneliti yang meliputi Interpretasi, analisis, evaluasi, kesimpulan, penjelasan, pengaturan diri. Hasil analisis data yaitu: (a) pada aspek interpretasi, sebanyak 46,77% siswa dapat menjawab dengan benar; (b) aspek analisis, sebanyak 43,55% siswa menjawab dengan benar ; (c) aspek evaluasi, sebanyak 47,93% siswa menjawab dengan benar; (d) aspek kesimpulan, sebanyak 40,65% siswa menjawab dengan benar; (d) aspek penjelasan, sebanyak 29,03% siswa menjawab dengan benar; (d) aspek pengaturan diri, sebanyak 61,30% siswa menjawab dengan benar . Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah terutama pada indikator penjelasan dan kesimpulan.


Keywords


Uji; kemampuan; berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.