candi borobudur kerajaan di indonesia

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan

Susilowati Susilowati, Sajidan Sajidan, Murni Ramli

Abstract


Keterampilan berpikir kritis merupakan suatu kompetensi yang harus dilatihkan pada peserta didik karena keterampilan ini sangat diperlukan untuk bersaing dalam kehidupan diabad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah Negeri Di Magetan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling pada tiga Madrasah Aliyah Negeri yang terakreditasi A oleh BSNP Indonesia. Partisipan diambil secara random sampling sejumlah 207 siswa terdiri dari kelas X, XI dan XII. Tes menggunakan soal bentuk essay yang dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis menurut Facione. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 51.60% kategori rendah. Persentase aspek interpretasi sebesar 54.87% kategori rendah, aspek analisis sebesar 46.56% kategori rendah, aspek evaluasi sebesar 54.58% kategori rendah, aspek kesimpulan sebesar 49.24% kategori rendah, aspek penjelasan sebesar 43.83% kategori rendah, dan aspek pengaturan diri sebesar 60.44% kategori cukup. Hasil penelitian ini memberikan informasi profil keterampilan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan masih rendah sehingga diharapkan guru mampu merancang proses kegiatan pembelajaran yang dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa.

Keywords


Analisis; berpikir kritis siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.