candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI SENYAWA HIDROKARBON

Santrinitas Yulia Dwi Rahmawati, Ashadi Ashadi, Endang Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) prosedur pengembangan modul Kimia berbasis masalah, 2) kelayakan penggunaan modul Kimia berbasis masalah, 3) efektivitas modul berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas XI pada materi senyawa hidrokarbon. Penelitian yang dilakukan mengikuti model pengembangan R&D yang dilakukan oleh Borg dan Gall yang dimodifikasi. Draft modul diawali dengan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, dan uji validitas. Modul kimia berbasis masalah divalidasi oleh 7 panelis yang terdiri dari 3 dosen ahli, 2 praktisi pendidikan dan 2 teman sejawat. Hasil revisi modul diujicobakan terbatas di SMA Negeri 1 Gemolong sebanyak 9 siswa dengan karakteristik siswa pandai, sedang dan rendah. Uji coba skala luas dilakukan pada 35 siswa di kelas XI MIPA 4 untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis. Data penilaian untuk kelayakan modul merupakan data kualitatif, sedangkan data efektivitas modul Kimia berbasis masalah diambil dari prosentase peningkatan kemampuan berpikir kritis dari nilai pretest dan posttest siswa. Hasil dari penelitian ini, meliputi 1) prosedur pengembangan modul Kimia berbasis masalah dilakukan sesuai dengan tahapan Borg dan Gall yang dimodifikasi, 2) modul kimia berbasis masalah layak digunakan dalam proses pembelajaran, 3) modul Kimia berbasis masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Modul Kimia berbasis masalah; hidrokarbon; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.