candi borobudur kerajaan di indonesia

ASSESMEN KREATIVITAS PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BUMI

Rindi Liskasari, Suparmi Suparmi, Puguh Karyanto

Abstract


Bagi sebuah bangsa, untuk mencapai sebuah Negara maju dan berpendapatan perkapita tinggi, Negara harus mampu berinovasi untuk menghadapi tantangan abad-21. Negara harus melatih generasi penerus bangsa sejak dini agar memiliki semua kemampuan yang berhubungan langsung dengan inovasi, misalnya kemampuan  mencipta, mengembangkan, dan menerapkan ide baru dan bermakna. Kreativitas dalam kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu contoh sikap yang mengarah pada inovasi pengembangan teknologi. Sebuah tes telah dilakukan untuk menilai kreativitas level SMP pada materi Struktur Bumi pembelajaran IPA di Kelas VII H SMP Negeri 1 Karanganyar setelah dibelajarkan dengan Pembelajaran Berbasis Proyek. Tujuan dilakukan tes untuk mengidentifikasi kreativitas siswa SMP. Tes dilakukan dengan instrumen Tes Kreativitas Prodi BK UNS yang telah terstandarisasi berdasarkan pengembangan tes kreativitas Munandar. Tes ini memberikan penilaian terhadap enam kriteria kreatif. Kesimpulannya, 20% siswa memiliki skor kreativitas di atas rata-rata. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk merencanakan metode penyampaian IPA yang terbaik dan efektif untuk mengembangkan pembelajaran berbasis inovasi.


Keywords


Pembelajaran bermakna, kreativitas; tes kreativitas munandar; pendidikan sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.