candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KEBUTUHAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN MODUL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Neysa Hana Kartika, Sulistyo Saputro, Sri Mulyani

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu komponen yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran kurikulum 2013 sekarang ini. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut maka guru perlu untuk melakukan inovasi , sehingga dilakukanlah analisis terhadap kebutuhan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan guru terhadap pengembangan modul yang dapat menunjang kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru kimia dari tiga sekolah negeri di Pontianak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode non-test dengan memberikan angket terbuka. Hasil angket menunjukkan bahwa modul berbasis guided discovery dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dikarenakan pembelajaran guided discovery dapat mengarahkan siswa menemukan konsep menggunakan aktivitas berpikirnya. Kesimpulan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk dilakukannya penelitian lebih lanjut yaitu pengembangan modul berbasis guided discovery.

Keywords


Modul kimia berbasis guided discovery; berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.