candi borobudur kerajaan di indonesia

HUBUNGAN ANTARA PRETEST DENGAN POSTTEST KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RQA DIPADU CPS DI KOTA MALANG

Naafi Aisya, Aloysius Duran Corebima, Susriyati Mahanal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pretest dengan posttest keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran RQA dipadu CPS di Kota Malang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif korelasional. Subjek penelitian berjumlah 35 siswa SMA Kelas X di SMA Laboratorium Malang. Data diperoleh berdasarkan hasil tes hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis yang diujikan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran. Penelitian ini dianalisis dengan uji Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pretest dengan posttest keterampilan berpikir kritis siswa yang membentuk persamaan Y = 1.397x +  17.315, dengan sumbangan sebesar 40.05% sehingga dapat diketahui bahwa ada hubungan signifikan antara pretest dengan posttest keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran RQA dipadu CPS dan digolonglan pada kategori sedang.

Keywords


Hubungan pretest dan posttest; keterampilan berpikir kritis; pembelajaran biologi; model pembelajaran RQA-CPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.