candi borobudur kerajaan di indonesia

PROFIL KEMAMPUAN MENGANALISIS MODEL PEMBELAJARAN LEVEL OF INQUIRY UNTUK MEMBELAJARKAN MATERI IPA BERBASIS HOTS PADA CALON GURU SEKOLAH DASAR

Idam Ragil Widianto Atmojo, Sajidan Sajidan, Widha Sunarno, Ashadi Ashadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan para calon guru sekolah dasar (SD) tentang model pembelajaran level of inquiry (LOI) untuk membelajarkan materi IPA yang berbasis higher order thinking skills (HOTS). LOI terdiri dari enam tingkatan inkuiri, di antaranya discovery learning, interactive demonstration, inquiry lesson, inquiry lab, real-world applications, dan hypothetical inquiry. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian meliputi 120 mahasiswa calon guru SD di semester lima yang mengontrak matakuliah pendidikan IPA dan telah menempuh matakuliah perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, model-model pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa test berjumlah 12 soal multiple choice yang tervalidasi dan berisi rencana kegiatan pembelajaran pada materi IPA yang dapat memberdayakan HOTS calon guru SD dengan menggunakan karakteristik LOI. Data yang diperoleh kemudian disesuaikan dengan karakteristik LOI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis calon guru SD tentang model pembelajaran LOI tergolong rendah yaitu sebanyak 20 orang (16,6%) yang sudah mampu menganalis LOI. Calon guru SD yang dapat menganalisis model discovery learning (28%), interactive demonstration (24%), inquiry lesson (17,5%), inquiry lab (15,5%), real-world applications (9%) dan hypothetical inquiry (6%). Temuan ini menunjukkan secara umum kemampuan calon guru SD tentang model pembelajaran LOI masih perlu ditingkatkan dengan cara mengoptimalkan setiap matakuliah berbasis paedagogik dalam memberikan materi tentang model-model pembelajaran dan memasukan materi model pembelajaran khususnya LOI pada silabus matakuliah pendidikan IPA SD.

Keywords


calon guru SD; level of inquiry; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.