candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS BAHAN AJAR KIMIA SMA PADA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN BERDASARKAN SINTAKS MODEL POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN)

Hanifah Setiowati, Suryadi Budi Utomo, Ashadi Ashadi

Abstract


Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan di kurikulum 2013 adalah model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian isi bahan ajar dengan langkah-langkah pada model pembelajaran POE. Penelitian ini merupakan bagian penelitian pengembangan yang menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar penilaian kelayakan/kesesuaian bahan ajar berdasarkan langkah-langkah model pembelajaran POE. Sampel penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Simo dan SMA N 1 Banyudono. Hasil analisis kualitas bahan ajar kimia berdasarkan langkah-langkah pembelajaran POE seperti: (1) kesesuaian isi bahan ajar dengan langkah predict untuk buku A 56,25% dan buku B 62,25%, (2) observe untuk buku A 62,25% dan buku B 81,25% (3) explain untuk buku A 56,25% dan buku B 68,75 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik simpulan bahwa (1) kesesuaian isi bahan ajar dengan langkah predict untuk buku A dikategorikan kurang sesuai dan buku B cukup sesuai (2) langkah observe pada buku A cukup sesuai dan buku B sesuai, (3) langkah explain pada buku A kurang sesuai dan buku B cukup sesuai. Berdasarkan hasil rata-rata semua langkah pembelajaran POE, buku A dikategorikan kurang sesuai dengan persentase 58,33% dan buku B cukup sesuai dengan persentase 70,83%.

Keywords


Analisis; bahan ajar; kesetimbangan kelarutan; POE

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.