candi borobudur kerajaan di indonesia

KAJIAN ASPEK LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR KIMIA SMA KELAS XI DI KABUPATEN BREBES

Ardina Titi Purbo Retno, Sulistyo Saputro, Maria Ulfa

Abstract


Perlu dilakukan analisis terhadap buku ajar kimia karena sebagian besar guru menggunakan buku ajar sebagai pedoman pembelajaran di kelas. Analisis yang dilakukan mengarah pada analisis buku ajar terhadap literasi sains, yaitu untuk mengetahui ruang lingkup literasi sains di dalam buku ajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan ruang lingkup literasi sains yang terdapat di dalam buku ajar yang digunakan di tiga sekolah di Brebes, yaitu SMA Negeri 1 Jatibarang, SMA Negeri 2 Brebes dan SMA Negeri 3 Brebes. Populasi penelitian ini adalah seluruh materi kimia kelas XI. Adapun sampel penelitian ini adalah salah satu dari materi yang di dalam UN memiliki daya serap terendah menurut data PAMER tahun 2016, yaitu materi termokimia. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Buku ajar yang dianalisis sebanyak 3 buku yang ketiga buku tersebut digunakan di masing-masing sekolah. Data diambil dengan meggunakan lembar observasi yang berisi indikator-indikator literasi sains yang kemudian data tersebut diartikan ke dalam bentuk presentase untuk masing-masing buku dan indikator. Hasil dari analisa penelitian menunjukkan bahwa aspek literasi sains yang paling banyak muncul di masing-masing buku adalah sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebanyak 46%, sains sebagai cara untuk menyelidiki sebanyak 28%, sains sebagai cara berpikir sebanyak 23% dan interaksi sains teknologi dengan masyarakat sebanyak 3%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ketiga buku ajar yang digunakan di masing-masing sekolah lebih menekankan kepada penyajian fakta, konsep, prinsip, hukum, teori dan model serta menekankan siswa dapat mengingat informasi melalui pertanyaan-pertanyaan.

Keywords


Termokimia; Konten; Konteks; Proses

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.