PENGEMBANGAN INSTRUMEN COMPUTERIZED TWO TIER MULTIPLE CHOICE (CTTMC) UNTUK MENDETEKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian computerized two tier multiple choice (CTTMC) yang memiliki validitas sesuai kriteria soal yang baik untuk mendeteksi miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Penelitian ini menggunakan model Akker yang terdiri atas empat tahap, yakni pemeriksaan pendahuluan (preliminary investigation), penyesuaian teoritis (theoritical embedding), uji empiris (empirical testing), serta proses dan hasil dokumentasi, analisa dan refleksi (documentation, analysis and reflection on process and outcome). Indikator soal yang dikembangkan dirumuskan melalui focus group discussion (FGD), yang terdiri dari 3 indikator konsep kesetimbangan kimia. Jumlah soal yang dikembangkan sebanyak 15 soal dan masing-masing memiliki indikator tier 1 dan tier 2. Hasil uji validasi ahli menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan valid.
Keywords
validitas; empiris; refleksi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.