candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KELAYAKAN MODUL KIMIA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING DAN TRANSFERRING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA

Dynda Meutia Tyffani, Suryadi Budi Utomo, Sentot Budi Rahardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan modul kimia berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Tranferring) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid  yang sesuai dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian yang dilakukan  merupakan penelitian  pengembangan  yang menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall (1983).  Tahap-tahap  pengembangan  modul  meliputi  (1)  Research  and Information Collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary Form of Product, (4) Preliminary  Field Testing,  dan (5) Main  Product  Revision. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase skor rata-rata 83,75%, hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase skor rata-rata 88,28%, hasil validasi oleh ahli bahasa mendapatkan persentase skor rata-rata 93,75%, serta hasil validasi oleh ahli perangkat pembelajaran memperoleh persentase rata-rata dari keseluruhan aspek sebesar 89,82%.

Keywords


Modul; REACT; koloid

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.