candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR SISWA SMA PADA PRAKTIKUM MATERI PROTISTA

Nani Aprilia, Much Fuad Saifuddin, Nugroho Abdi Wijayanto, Jumi Supriyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian aspek psikomotor pada materi protista. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan 3 tahap yang mengadopsi dari model 4-D, dimana tahap-tahap pengembangan meliputi define, design, dan development. Dari hasil penelitian pada tahap define dilakukan analisis awal akhir, diketahui bahwa pembelajaran dengan metode praktikum sering digunakan akan tetapi penilaian masih berbasis pada penilaian akhir yang berfokus pada aspek kognitif. Pada tahap design dipilih format untuk penilaian kinerja praktikum yang meliputi aspek melaksanakan dan aspek menyampaikan hasil. Pada tahap akhir yaitu development dilakukan uji pengembangan yang terdiri dari validasi instrumen oleh dosen ahli dan guru biologi, adapun penilaian terhadap instrumen yang dikembangkan meliputi aspek objektif, kesistematisan, konstruksi, kebahasaan, kepraktisan, pembiayaan, dan keterbacaan. Berdasarkan hasil penilain dosen ahli dan guru biologi diperoleh penilaian keseluruhan dengan presentase rata-rata 91,16% termasuk kedalam kategori baik. Sedangkan pada pengujian kelas kecil dan besar yang melibatkan teman sejawat dan guru SMA dengan aspek penilaian kegrafikan, bahasa, penyajian materi dan keterlaksanaan memperoleh persentase rata-rata 90,6% termasuk dalam kategori baik dan pada tahap uji coba kelas besar memperoleh presentase rata-rata sebesar 90,6% termasuk kategori baik.

Keywords


Instrumen; penilaian psikomotor; materi protista

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.