candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PAIKEM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Agus Salim, Mohammad Masykuri, Maridi Maridi

Abstract


Perencanaan pembelajaran yang sistematis dapat dihadirkan dalam susunan beberapa perangkat pembelajaran yang saling terpadu antar satu dengan yang lainnya. Sehingga dapat memungkinkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efiktif, dan konseptual terlaksana. Oleh karenanya, diperlukan sebuah perangkat pembelajaran baru berbasis PAIKEM dengan model Discovery Learning dapat dijadikan sebagai contoh bagi guru untuk merencanakan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasikan model Four D. Data hasil aktivitas belajar siswa dianalisis dengan SPSS 17 untuk mengetahui perbedan rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran. Dalam penelitian pengembangan yang telah dilaksanakan memberi simpulan: Hasil uji Friedman test yaitu uji nonparametric pada aktivitas belajar siswa tiga pertemuan adalah rata-rata pada pertemuan pertama = 62,42, pertemuan kedua rata-ratanya = 85,62, dan nilai rata-rata pertemuan ke tiga =93,46 dengan nilai asymp. sig. p = 0,000 atau p < 0,001, dan p < α maka 0,001 < 0,05, terdapat perbedaan yang signifikan pada aktivitas belajar siswa. Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan pembelajaran IPA berbasis PAIKEM dengan model Discovery Learniang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan bisa digunakan sebagai rujukan pembelajaran baru.


Keywords


Tahapan pengembangan pembelajaran; kualitas produk pencapaian hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.