candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Sajidan Sajidan, Afandi Afandi

Abstract


Keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTs) mencakup sejumlah bentuk aktivitas mental seperti perolehan pengetahuan, berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah. Aktivitas mental ini sangat diperlukan oleh setiap individu di era globalisasi dan persaingan bebas seperti saat ini yang membutuhkan individu-individu yang dapat dengan cepat mengambil keputusan didasarkan pada kerangka pemikiran rasional dan pemikiran yang kompleks untuk menghasilkan berbagai solusi dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, ditengah  arus informasi yang semakin deras, tantangan yang timbul terkait dinamika moral dan degradasi karakter juga semakin besar. Guru (termasuk calon guru IPA) sebagai ujung tombak pendidikan perlu mengajarkan peserta didik dengan keterampilan, sikap, moral, serta karakter sesuai dengan falsafah bangsa Indonesia. Untuk itu, model pembelajaran inovatif dalam mata pelajaran sains (IPA) yang mampu memberdayakan HOTs peserta didik, dan melakukan pembiasaan dalam pembentukan karakter peserta didik menduduki aras tertinggi dalam pencapaian cita-cita pendidikan. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat memilah dan memilih informasi yang relevan, mampu menyikapi arus informasi dengan arif dan bijak, disiplin, mandiri, cerdas, kreatif, mampu berperan sebagai problem solver, dan memiliki produktivitas tinggi.

Keywords


Model Pembelajaran IPA; HOTs

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.