candi borobudur kerajaan di indonesia

KAJIAN LITERASI KEUANGAN PADA SISWA MENENGAH ATAS (SMA): SEBUAH PEMIKIRAN

Sahat Renol HS - -, Mintasih Indriayu - -

Abstract


 

ABSTRAK

Permasalahan ekonomi semakin kompleks sehingga menuntut manusia untuk terus dapat memenuhi kebutuhannya terlebih dengan adanya MEA. Masyarakat sekarang cenderung untuk melakukan pembelian tanpa memperhatikan prinsip keuangan sehingga mengakibatkan masyarakat tidak rasional dalam membeli kebutuhannya, khususnya siswa. Keadaan saat ini menuntut masyarakat khususnya siswa memiliki kecerdasan serta skill untuk mengelola keuangan pribadinya. Dengan menerapkan cara pengelolaan keuangan yang benar, maka siswa diharapkan bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari uang yang dimilikinya. Pengelolaan keuangan lebih sering dikenal dengan literasi keuangan. Di Indonesia pemberian edukasi literasi keuangan sudah dilaksanakan oleh lembaga OJK yang bekerjsama dengan Kementerian Pendidikan dalam menghasilkan modul sebagai edukasi literasi keuangan bagi siswa khususnya siswa SMA. Pemberian topik-topik materi mengenai literasi keuangan belum disampaikan secara maksimal oleh guru sebagai pendidik dan fasilitator. Rendahnya indeks literasi keuangan Indonesia dibanding negara-negara lain terlebih rendahnya indeks literasi keuangan di tingkat siswa SMA menuntut kerja keras bagi dunia pendidikan di Indonesia terlebih siswa yang sudah dibekali pemahaman mengenai literasi keuangan akan dapat meningkatkan ekonomi negara Indonesia. Perlu adanya pengembangan rancangan pembelajaran yang menganut dimensi pengetahuan dan pemahaman, keterampilan dan sikap mengenai literasi keuangan yang pada akhirnya akan menghasilkan tujuan pembelajaran dan outcome demi peningkatan pemahaman siswa SMA untuk masa depannya.

Kata kunci: Literasi Keuangan, Siswa Sekolah Menengah Atas 


Full Text:

PDF

References


Baron-Donovan, C., Wiener, R. L., Gross., K., & Block-Lieb, S. 2005. Financial literacy teacher training: A multiple-measure evaluation. Financial Counseling and Planning, 16(2), 63–75.

Blue,L., Grootenboer, P., & Brimble, M. 2014. Financial Literacy Education in the Curriculum: Making the Grade or Missing the Mark?. International Review of Economics Education, 16, pp. 51-62.

Bernheim, B. D., Garrett, D. M., & Maki, D. M. 1997. Education and Saving: The Long-Term Effects of High School Financial Curriculum Mandates. National Bereau of Economic Research. Working Paper 6085.

Chen, H., & Volpe R. P. 1998. An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. Financial Services Review, 7(2), 107-128.

Child and Youth Finance International. 2016. Training Course on: Fostering National Financial Education Strategies. Podgorica: CYFI and GIZ.

Deng, H., Chi, L., Teng, N., Tang., & Chen, C. 2013. Influence of Financial Literacy of Teachers on Financial Education Teaching in Elementary School. International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 3(1), pp. 68-73.

Dwiastanti, A. 2015. Financial Literacy as the Foundation for Individual Financial Behavior. Journal of Education and Practise, 6(33).

Fabris, N., & Luburic, R. 2016. Financial Education of Children and Youth. Journal of Central Banking Theory and Practice, 2(1), pp. 65-79.

Huston, S. J. (2010). Measuring financial literacy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2), pp. 296-316.

Kefela, G. T. 2010. Promoting Access to Finance by Empowering Consumers: Financial Literacy in Developing Countries. Educational Research and Reviews, 5(5), pp. 205-212.

Lusardi A., & Olivia S. M. 2007. Baby Boomer Retirement Security: The Roles of Planning, Financial Literacy, and Housing Wealth. Journal of Monetary Economics, 54(1), pp. 205-24.

Lusardi, A & Mitchell O. S. 2011. Financial Literacy Around The World: An Overview. NBER Working Paper Series. National Bereau of Economic Research.

Nokadianti, S. M. 2013. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua, Lingkungan, dan Pengetahuan Dasar Ekonomi Terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1)

Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). 2012. PISA 2012 Frameworks - Mathematics, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD.

Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). 2012. Financial Education For Youth And In Schools: OECD/ Infe Policy Guidance, Challenges And Case Studies.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.