candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISWA AKUNTANSI DI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA

Betanika Nila Nirbita - -

Abstract


ABSTRAK

 

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis peningkatan keaktifan , motivasidanhasilbelajarsiswa dalam pembelajaran akuntansi melalui penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) di SMK Kristen 1 Surakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 28 siswa. Sumber data yang digunakan yaituinforman, tempat atau lokasi, peristiwa, dan dokumen atau arsip. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Kesimpulandaripenelitianiniadalah penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) dapat meningkatkan keaktifan, motivasi, dan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Kristen 1 Surakarta. (1) Partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan/ ide dalam diskusi meningkat 57.14% (2) Partisipasisiswadalammenjawabpertanyaandalamdiskusimeningkat 46.43% (3)Interaksiantarsiswadalamkelompokmeningkat50% (4) ketekunan dan keuletan siswa meningkat58.58%. (5) Siswa dapat menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan baik meningkat28.58%. (6) Siswa menjadi lebih senang belajar mandiri meningkat60.71%. (7) Senang, rajin dalam belajar dan mengerjakan soal serta penuh semangat meningkat35.72%. (8) Siswa berani mengemukakan pendapat meningkat57.14% . (9) Hasil belajar siswa meningkat71.43%.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran ARCS, KeaktifanSiswa, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Akuntansi

 

 

ABSTRACT

 

The objectives of research were to study and to analyze the improvement of activeness, motivation and learning achievement in accounting learning using ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction)model in SMK Kristen 1 Surakarta. This study was a Classroom Action Research (CAR). The subject was the eleventh accounting graders consisting of 28 students. The data sources were interview with informant, place /location, event, and document /archive. The data collection used observation, interview, test, and documentation technique. Data validation used source and method triangulation. Conclusion of this research was “The application of ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) learning model could improve activeness, motivation and learning achievement of students in the eleventh accounting graders of SMK Kristen 1 Surakarta”. (1) Participation students in asking questions/ideas in the discussion increased 57.14% (2) Participation students in answering a question in the discussion increased 46.43% (3) Interaction between students in Group increased 50% (4) Student persistence and perseverance increased58.58% (5) Students can receive well the lessonby teachers increased 28.58%. (6) Students preferring to learn independently 60.71%. (7) Learning enjoyably, diligently and working on the assignment energetically increased 35.72%. (8) Students can expressing opinion increased 57.14%. (6) The student learning achievement increased 71.43%.

 

Keywords: ARCS learning model, Student Activeness, Achievement Motivation, Accounting Learning Achievement.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aryani, Dessy. 2014. Pengaruh Implementasii Model Pembelajaran ARCS Terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas V di SD N 1 Sumerta Tahun Ajaran 2013/2014. e-Jurnal. Singaraja : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Aryawan, I.K.B.M. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence dan Satisfacton (ARCS) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. e-Jurnal. Singaraja : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Fonda, C.Z. 2013. Penerapan Model Pembelajaran ARCS pada Materi Statistika di Kelas XI SMA Negeri 2 RSBI Banda Aceh. Jurnal Peluang.

Masitah dan Suprapto, Nadi. 2011. Teori Motivasi dan Penerapannya dalam Pembelajaran (ARCS Model)

Nugraha, I.G.N.W. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran ARCS( Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Kovariabel Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SD Cerdas Mandiri. e-Jurnal. Singaraja : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Sardiman.2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta :Raja Grafindo Perkasa (Rajawali Press)

Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

UU No.20 Tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasional

Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Wijipurnomo, A.M. 2004. PengaruhPenerapan Model Problem Based Learning danMotivasiBelajarterhadapHasilPelatihanFasilitator PNPM MandiriPerdesaan di ProvinsiJawaTimur. JurnalTesis.Surakarta: Program PascasarjanaUniversitasSebelasMaret Surakarta

Winaya, I.M.A. 2013. Pengaruh Model ARCS Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Chis Denpasar. e-Jurnal. Singaraja : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Wiriaatmaja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tiindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Off


Refbacks

  • There are currently no refbacks.