candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

Soeprayitno - -, Purwati Yuni Rahayu - -

Abstract


ABSTRAK

 

Peningkatan hasil belajar siswa merupakan tujuan utama dalam proses pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Salah satu faktor intrinsik yang berperan penting yaitu kemampuan siswa dalam mengelola emosionalnya (kecerdasan emosi). Peningkatan kecerdasan emosi dinilai penting karena merupakan sebuah “asset” yang bersifat jangka panjang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, mulai dari pendekatan personal antara guru dan siswa, bimbingan konseling, hingga pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan kecerdasan emosional (EI) siswa kelas XI IPS SMAN di kabupaten Sukoharjo. Model kooperatif tipe TGT dipilih karena memiliki tahap-tahap yang sesuai dengan indikator-indikator yang ada pada kecerdasan emosi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes hasil belajar dan angket kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik analisis data regresi linier sederhana dan Independent sample test (t-tes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh terhadap kecerdasan emosi pada siswa.

 

Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Teams Games Tournament (TGT)

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Aziz, Zahara a *, Md. Anowar Hossain. (2010) A comparison of cooperative learning and conventional teaching on students’ achievement in secondary mathematics. Procedia Social and Behavioral Sciences 9 (2010) 53–62

Bilen, Sermin. 2010. The effect of cooperative learning on the ability of prospect of music teachers to apply Orff-Schulwerk activities. Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 4872–487.

Djamarah, S. B dan Zain, A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Lai, C. H., She, Y. X., Sung, C. Y., and Jong, B. S. 2012. The Game-Based Learning of Combining Competition and Cooperative Learning. Computers & Education, vol 57(1), pp 1127-

Micheal M. van Wyk . 2011. The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Journal Social Science. Vol. 26(3): 183-193

Monir Kalantar, Groyeshi. Flor,Rezaei Kargar. 2013. Effect of Combined Mastery-Cooperative Learning on Emotional Intelligence, Self-esteem, and Academic Achievement in Grade Skipping, Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol 84, Pages 470-474

Perihan Dinc¸ Artut .2009. Experimental evaluation of the effects of cooperative learning on kindergarten children’s mathematics ability . International Journal of Educational Research 48 (2009) 370–380

Shimazoe, J. and H. Aldrich, 2010. Group work can be gratifying: Understanding and overcoming resistance to cooperative learning. Coll. Teach., 58: 52-57. DOI: 10.1080/ 87567550903418594

Sugiyono. 2011 . Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

W. Gulo. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.