candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengelolaan Keuangan Sekolah Dan Upaya Perbaikan Sistem Manajemen Keuangan di TK Gaya Baru III Jebres.

Andika Puspita Sar - -

Abstract


 

Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajemen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan disekolah. Sebagaimana yang terjadi di substansi manajemen pendidikan pada umumnya, kegiatan manajemen keuangan dilakukan melalui proses perencnaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan dan pengendalian. Manajemen keuangan sekolah perlu memperhatikan sejumlah prinsip. Undang-undang No 20 Tahun 2003 pasal 48 menyatakan bahwa pengelolaan dana pendidikan berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik. Untuk itu tujuan manajemen keuangan adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, akuntabilitas dan tranparansi, dan meminimalkan penyalahgunaan  penggunaan keuangan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan manajemen keuangan di sekolah TK Gaya Baru III Jebres dan upaya perbaikan system manajemen keuangan  dengan membandingkan analisis hubungan antara teori dengan fakta yang ada di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah TK Gaya Baru III Jebres pengelola keuangan sekolah dalam merencanakan pengaggaran yang diterapkan di sekolah sudah mengikuti ketentuan yang berlaku yang sesuai dengan peraturan pemerintah dan membuat RAPBS.tetapi untuk pelaksanaan, pengawasan dan pertanggung jawaban masih belum sesuai dan perlu ditingkatkan lagi serta salah satu upaya yang dapat dilakukan sekolah dalam membantu keuangan sekolah adalah dengan berkerjasama dengan pihak lain..

Kata Kunci: Manajemen Keuangan

 

ABSTRACK

 

Financial management is one of the substances that the school management will contribute to determine the passage of educational activities in schools. As in the substance of education in general management, financial management activities conducted through perencnaan, organizing, directing, coordinating, monitoring and control. Financial management of the school needs to consider a number of principles. Act No. 20 of 2003 section 48 states that education funds based on the principle of fairness, efficiency, transparency, and public accountability. For the purpose of financial management is to improve the effectiveness and efficiency, accountability and transparency, and minimize abuse of the use of school finance. The purpose of this study was to determine how the management of the financial management in GayaBaru School III Jebres and efforts to improve the financial management system by comparing the analysis of the relationship between theory and facts on the ground. The results of this study indicate that kindergarten New Style III Jebres school financial managers in planning pengaggaran applied in schools already follow the applicable provisions in accordance with government regulations and make RAPBS. but for implementation, oversight and accountability is still not appropriate and need to be improved as well as one of the efforts to be made in the school to help finance the school is to cooperate with other parties .

Keywords: Financial Management

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Argyropoulou, E. (2009). Financial Management in Greek State Schools.ISEA, 37 (2).111-124.

Breckenridge & Vincent. (1966). Child Development, Physical And Psychological Growth Adolescence. Philadelphia: W.B Saunders Company. Vol 4 (5). 1-38

Cooper, B. S., Nisonoff, P. & Speakman, S. T.(2001). Advanced Budget Technology in Education: The Future Is Now. School Business Affairs 67 (2).27–32.

Fattah, N. (2009). Landasan ManajemenPendidikan.Bandung:PT.RemajaRosdakarya

Hartman, S.J., Yrle, A.C., & Galle Jr., W.P. (1999). Procedural and distributive justice: examining equity in a university setting. Journal of Business Ethics, 20: 337-351

Hayati, E. D. (2012). Manajemen Pembiayaan Berbasis Sekolah di RSBI SMPN 3 Mranggen Demak. Educational Management Journal. Vol 1 (2).143-149.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga

Liu, T & Wilkinson, S. (2014). Using Public-Private Partnerships For The Building and Management of School Assets and Service. Enginering, Construction and Architectural Management, 21 (2).206-223.

Malayu & Hasibuan, M. S.P.( 2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Mestry,R. (2004).FinancialAccountability:The Principal orThe School Governing Body?.South AfricanJournalof Education. Vol24 (2)126-132

Mulyono.(2010). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Sutjipto & Mukhti, B. (1992). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003

Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990

PeraturanPemerintah No48tahun2008

Permendiknas Nomor78Tahun2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.