candi borobudur kerajaan di indonesia

MENCAPAI KETUNTASAN NILAI MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI MICROTEACHING

Heti Suherti - -

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak, namun dihadapkan pada tempat dan waktu yang terbatas. Problematika ini menyebabkan nilai peserta didik tidak mencapai ketuntasan, sehinga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk efektivitas perkuliahan. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui keberhasilan pencapaian ketuntasan nilai dalam pembuatan RPP dan praktek mengajar secara micro melalui penerapan model cooperative learning teknik student team achievement division (STAD) mata kuliah perencaan pengajaran. Melalui diskusi kelompok dalam meningkatkan kemampuan  kerjasama, kemampuan berpikir, bertanggung jawab, memotivasi dalam memecahkan masalah, berani mengemukakan pendapat dan trampil dalam praktek mengajar baik secara micro maupun praktek disekolah-sekolah. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dengan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Populasi 151 dan sampel 75 orang secara sistematis, yaitu diacak dengan jarak. Secara klasikal, nilai dalam menyelesaikan pembuatan RPP dikatakan tuntas jika 75% dari jumlah mahasiswa memperoleh nilai minimal ≥75 sesuai dengan ketuntasan minimal yang sudah ditentukan. Berdasarkan kriteria persentase ketuntasan klasikal mencapai 89,3%. Hal itu berarti, ada 8 (10,7%) yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Kriteria keberhasilan praktek mengajar secara micro nilai minimum ≥ 73 sesuai dengan ketuntasan dalam praktek dimana persentase ketuntasan klasikal sebesar 90,7% dan 7 (9,3%) tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dengan kata lain, penerapan model cooperative learning teknik STAD bisa memenuhi kriteria ketuntasan dengan katagori baik.

 

Kata Kunci: Model, Cooperative, Learning, Teknik, STAD

Abstract

Discovered a learning problem that require appropriate solution because it has many participants, limited range, limited time, and extensive material. This research is Clasroom Action Research with purpose to know the success of value completeness achievement to make RPP and microteaching practice by The Application Cooperative Learning Model of Student Team Achievement Division (STAD) Engineering on the planning teaching subject, with group discussion to improve teamwork skill, thingking skill, responsible, motivated to solve problems, and can expression the opinions and skills on micro teaching practice or school practice. Collecting data techniques by observations, interviews, and documentations will use qualitative research descriptif method. The 151 – 75 people population systematically will encrypt by distance. Classically value, the values of completing make RPP will tell complete if 75% from all student get minimum value ≥75 suitable on completeness rule. Based on criteria of success from completeness classically presentage is 89,3%. That’s mean, there are 8 (10,7%) can not completeness minimal criteria. The success micro teaching practice of criteria has minimum value ≥ 73 suitable on completeness rule, if completeness classically presentage is 90,7%, there are 7 (9,3% ) can not completeness minimal criteria. Another word, the application of The Application Cooperative Learning Model of STAD Engineering can fulfill the great category clompleteness criteria.

Keywords: Model, Cooperative, Learning, Engineering, STAD

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Agama Islam RI.

Anita, Lie. 2012. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2012. Cooperative Learning, (Pengembangan Kemampuan Belajar Berkelompok). Bandung: Alfabet.

Joyce, Weil & Calhoun. 2000. Models of Teaching. Boston: Alyn and Bacon.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalimun, Dkk. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative learning, Teori, Riset dan Prak¬tik. Bandung: Nusa Media.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.

Trianto. 2011. Model- Model Pembelajaran Inovatif Berori¬entasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, B. Hamzah. 2011. “Model Pembelajara, Pencipta Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.