ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS PADA UKM KERAMIK BATIK MELIKAN KLATEN
Abstract
ABSTRAK
Makalah ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui gambaran umum mengenai UKM keramik batik Melikan. 2) menganalisis dan menentukan pilihan strategi yang tepat dalam pengembangan strategi bisnis UKM keramik batik Melikan. 3)untuk memberikan solusi alternatif dalam memperluas strategi bisnis melalui E-Marketing pada UKM keramik batik Melikan. metode yang digunakan kualitatif. Hasilnya dapat disimplukan bahwa: 1) UKM Keramik Batik Melikan merupakan salah satu industri kerajinan gerabah kreatif yang terletak di daerah Melikan Klaten. Industri ini telah berdiri selama 17 tahun. Pada awalnya produk yang dihasilkan hanya meliputi gerabah untuk perabot rumah tangga. Namun seiring berjalannya waktu industri rumah tangga ini mulai melakukan inovasi dengan menambahkan desain batik pada produk yang dihasilkan sehingga lebih menarik. 2) pengembangan strategi bisnis yang diterapkan UKM keramik batik melikan setelah ditabulasi kedalam analisis SWAT diperolah nilai rata-rata sebesar 6,79 yang berarti berada pada tinggkat agresif yang berarti mampu bersaing dengan pesaing yang ada. 3) produk yang dihasilkan harus diferivikasi ( penciptaan produk yang lebih beragam), serta melakukan penetrasi pasar melalui E-Marketing untuk meningkatkan kualitas serta pemasaran untuk UKM keramikbatik melikan kedepannya.
Kata kunci: Strategi bisnis, analisis SWAT, UKM keramik
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Jauchand&Glueck. 1992. Management. Jakarta: Erlangga.
Kottler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran Modern: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prenhalindo.
Rangkuti, Freddy. 2004. Analisis SWOT: Tekhnik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
RichardL. Daft. 2010. Era Baru Manajemen. Edward Tanujaya. Edisi 9. Salemba Empat
Refbacks
- There are currently no refbacks.