candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (WEBSITE) BERBANTUAN SOFTWARE LECTORA INSPIREDALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI

Alfian Sigit Permana - -

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis ICT (Website) berbantuan Software Lectora Inspire dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Metode penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji analisis dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis ICT (Website) berbantuan Software Lectora Inspire efektif dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil postest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimenhasil belajar siswa meningkat sebesar 36,60% sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar hanya meningkat sebesar 14,38%. Berdasarkan hasil uji t  diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu (7,135 > 1,999) hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

 

Kata Kunci : Media pembelajaran berbasis ICT (Website), Hasil belajar

 

The purpose of this research was to determine the effectiveness of  learning media ICT-based(Website) aided Software Lectora Inspire in improving student learning outcomes economy. The research method using experimental research design with pretest-posttest control groupdesign.The sample used consists of two classes, the experimental and control classes. Test analysis in this study using a t-test. The results showed that thebased learning media ICT(Website) aided Software Lectora Inspire effective in improving student learning outcomes economy. This is evidenced by the results of post-test between the experimental class and control class, where the experimental class learning outcomes of students increased by 36.60% while the control class learning outcomes only increased by 14.38%. Based on test results obtained by value thit>ttable is (7.135> 1.999) that showed significant differences in learning outcomes that the average student learning outcomes between experimental class control class.

 

Keywords: Media ICT-based learning (Website), learning outcomes


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Cheung, C. K. (2009). Integrating media education into liberal studies: a positive response to curriculum reform in Hong Kong. The Curriculum J. 20 (4), 437 – 446.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mas’ud, M. (2014). Tutorial Lectora 1 Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora Inspire. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Prawiradilaga, D.S., Ariani, D., & Handoko, H. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sanaky, H.A.H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Shephard, K. (2001). Submission of Student Assignment on Compact Discs: Exploring The Use of Audio, Images and Video in assessment and Learning in Higher Education. British J.Of Educational Technology.32(2):161-170.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutanta, E. (2005). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sutopo, A.H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.