candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA VETERAN SURAKARTA

Dwi Puji Astuti - -

Abstract


ABSTRAK

 

Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajemen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan di sekolah. Manajemen pengelolaan keuangan sangat penting hubungannya dalam  pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Perkembangan dunia dalam bidang pendidikan dengan mudah dapat dikatakan bahwa masalah pengelolaan keuangan menjadi masalah yang cukup pelik untuk dipikirkan oleh para pengelola dana pendidikan. Masalah pengelolaan keuangan pendidikan akan menyangkut masalah tenaga pendidik, proses pembelajaran, sarana prasarana, pemasaran dan aspek lain yang terkait dengan masalah keuangan. Primagama merupakan lembaga bimbingan belajar bagi siswa-siswi SD, SMP, SMA atau alumni yang mengutamakan kualitas jasa pelayanan bimbingan belajar termasuk memperhatikan manajemen keuangan yang baik dan transparan untuk meningkatkan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparasi keuangan dan upaya perbaikan sistem manajemen keuangan yang dilakukan oleh Primagama Veteran Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan kajian literatur jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Primagama Veteran Surakarta sudah menerapkan kegiatan transparasi keuangan dengan baik dengan melibatkan peran orang tua siswa yang berdampak positif sehingga tercipta akuntabilitas keuangan yang transparan yang memperkuat kemitraan antara lembaga, pengajar, dan orang tua. Namun, ada juga yang harus diperbaiki terkait dengan manajemen keuangan, yaitu sistem penggajian bagi para instruktur pengajar/tentor dan pengelolaan penyusutan pada aktiva tetap.

 

Kata Kunci: manajemen, keuangan, transparasi, pendidikan, primagama.

 

ABSTRACT

 

Financial management is one of the substances that the school management will contribute to determine the passage of educational activities in schools. Management of financial management is very important to do in the implementation of teaching and learning activities. The development of the world in the field of education can easily be said that the financial management issues become a problem that is quite complicated for thought by the education fund managers. Education financial management issues will be a matter of educators, learning processes, infrastructure, marketing and other aspects related to financial problems. Primagama is a tutoring agency for students of elementary, junior high school or alumni who put quality tutoring services including attention to sound financial management and transparency to improve the quality of care. This study aims to determine the financial transparency and efforts to improve the financial management system conducted by the Veterans Primagama Surakarta. The method used is a qualitative case study approach and literature review journals. The results showed that Primagama Veteran Surakarta has implemented activities with good financial transparency by involving the parents of students who have a positive impact so as to create a transparent financial accountability that strengthen partnerships between institutions, teachers, and parents. However, there also must be improved related to financial management, namely the payroll system for trainers teacher / tutor and depreciation on fixed asset management.

 

Keywords: management, finance, transparency, education, primagama

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Argyropoulou, Eleftheria. (2009). Financial Management in Greek State Schools. ISEA, 37 (2). 111-124.

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fattah, Nanang. (2011). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Koross, P., K.,Ngware, M., W. (2009). Principals’ and students’perceptions on parental contribution to financialmanagement in secondary schoolsin Kenya. Quality Assurance in Education. 17 (1), 61-78.

Liu, Tingting & Wilkinson, Suzanne. (2014). Using Public-Private Partnerships For The Building and Management of School Assets and Service. Enginering, Construction and Architectural Management, 21 (2). 206-223.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahayu. S., Ludigdo. U., Irianto. G., Nurkholis. (2015). Budgeting of School Operational Assistance Fund Based on The Value of Gotong Royong. Social and Behavioral Sciences. 211 (1), 364-369.

Stuart. T., J., Guthrie. (2007). Budgeting in New Zealand secondary schools in a changing devolved financial management environment. Journal of Accounting & Organizational Change. 3 (1), 4-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.