PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENGANTAR EKONOMI MIKRO MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIMED
Abstract
ABSTRAK
Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNIMED pada mata kuliah ekonomi mikro berjumlah 160 orang. Sampel penelitian menggunakan random sampling dengan mengambil sebagian populasi yaitu 80 orang. Teknik analisis data digunakan adalah regresi linier berganda, menggunakan uji hipotesis secara parsial dan secara simultan serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan kolmogorov smirnov, uji multikolinierutas, uji heterokedastisitas dan uji linieritas.. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar kategori cukup yaitu 80,125. Regresi linier berganda Y=17,204+0,226X1+0,593X2+e. Pengujian terhadap hipotesis secara parsial dengan taraf signifikan 5%. Untuk motivasi variabel motivasi belajar (X1) menunjukkan nilai sebesar 3,178 nilai sebesar 1,664 maka diperoleh > (3,178>1,664). Untuk variabel disiplin belajar (X2) menunjukkan nilai sebesar 7,051 nilai sebesar 1,664 maka diperoleh > (7,051>1,664). Pengujian hipotesis secara simultan dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai sebesar 255,312 dan nilai sebesar 3,12 maka diperoleh > (255,312>3,12) dan koefisien (Rsquare) sebesar 0,869/86,9%, menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan variabel motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar adalah 86,9%. Sehingga penelitian ini baik digunakan dalam pengembangan inovasi pembelajaran ekonomi.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
ABSTRACT
This type of research is quantitative. The research population was students Economic Education UNIMED on micro economics courses numbered 160 people. The research sample used random sampling by taking part of the population that is 80 people. The data analysis technique used was multiple linear regression, partial use of hypothesis testing and simultaneously then using the coefficient of determination. Before the test the prerequisite test analysis is then performed the analysisThe result in this research showed that the tendency of student learning achievement in category pass with 80,125. Multiple linear regression Y = 17,204 + 0,226X1 + 0,593X2 +e. The hypothesis test partially at significantly rate 5%. For learning motivation (X1) showed the value of taccount as 3,178 > ttable as1,664. For learning discipline (X2) showed the value of taccount as 7,051 > ttable as1,664. Hypothesis test simultaneously at significantly rate 5% showed Faccount as 255,312 > F table 3,12 and R2 as 0,869 or 86,9% which showed the percentage of the influence given by learning motivation variable and learning discipline toward student learning achievement as 86,9%. So this research is well used in the development of learning innovation economy.
Key Words: Learning Motivation, Learning Discipline, and Learning Achievement
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Adriyansyah dkk. (2013). Menjadi Tutor Terampil Dan Profesional. Padang: Graha Ilmu.
Barus, D. (2011) .Pengaruh Kemandirian Belajar dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi
Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XI Pemasaran SMK N 7 Medan
Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Medan
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hutasoit, A. K. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar
Kewirausahaan Siswa Kelas C SMK BM Dharma Bakti Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi.
Universitas Negeri Medan.
Istarani dkk. (2015). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada
Rinaldi, M. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar
Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2014/205. Skripsi.
Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Medan.
Sardiman. A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Siahaan, L. (2015). Hubungann Antara Intensitas Perhatian Orangtua dan Kemandirian
Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Eria Medan Tahun
Pembelajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Singgih, S. (2014). SPSS 22 from Essential to Expert Skills. Jakarta: Gramedia anggota IKAPI
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian kuantitatif Kualitatfi R & D. Bandung: PT Rineka Cipta
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian kuantitatif Kualitatfi R & D. Bandung: PT Rineka Cipta
Uno, H. B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.