candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MADING DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA

Muhammad Guntur Rahardjo, Aisyah Kharisma Yogi, Arfika Dhea Syaharani, Tyas Kusuma Dewi, Chafit Ulya

Sari


Media pembelajaran konvensional mulai beralih ke digital, seiring perkembangan teknologi yang adanya tuntutan untuk menciptakan sebuah media pembelajaran yang baik. Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan sebuah mading digital berbasis aplikasi Canva. Canva merupakan aplikasi visual yang dapat digunakan oleh siapapun dengan akses tanpa batas. Peserta didik mampu menyusun sebuah mading digital menggunakan aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara kepada guru bahasa Indonesia dan teknik analisis data secara kualitatif. Hasil pengembangan berupa rekomendasi sebuah media pembelajaran yang dirancang dengan konsep ADDIE. Konsep ADDIE adalah konsep yang sesuai karena cocok dalam mengembangkan sebuah media belajar. Hal ini karena konsep ADDIE menganalisa sebuah media belajar dengan lengkap, mulai dari latar belakang dibentuk, desain media dan kontennya, penerapannya, dan evaluasinya. Hasil menunjukkan bahwa mading digital berbasis aplikasi Canva layak untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.