candi borobudur kerajaan di indonesia

MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI: RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP SUASANA PEMBELAJARAN

Fransiska Dinda Melani, Mia Salsabila, Muhammad Bintang Ramadhan, Aprilia Dwi Marlina, Chafit Ulya

Sari


Satu konsep baru dalam perkembangan pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan haruslah efektif. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran audio visual di kelas VII SMP N 1 Surakarta. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif karena penelitian ini mempunyai tujuan untuk memperoleh jawaban yang terkait dengan pendapat, tanggapan, atau persepsi seseorang sehingga pembahasannya harus secara kualitatif atau menggunakan uraian katakata. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Studi pustaka merupakan langkah awal dalam metode pengumpulan data. respon peserta didik di SMP N 1 Surakarta kelas VII terhadap video animasi sangatlah antusias, peserta didik sangat tertarik pada video animasi sebagai media pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pemilihan video animasi ini mampu mencipatakan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan lebih nyaman.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.