candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN METODE JIGSAW UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA SMP WARGA SURAKARTA

Noor Rizza Larasati, Yessy Primadani Tungga Dewi

Sari


Keterampilan berbicara pada siswa tidak terlepas dari cara mengajar yang baik, suasana kelas yang kondusif, dan strategi pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di kelas VII A SMP Warga Surakarta kemampuan berbicara peserta didik masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada kegiatan diskusi berlangsung, rendahnya pemahaman siswa untuk menanggapi siswa lain ketika presentasi di depan kelas, rendahnya respon siswa untuk memberikan saran dan masukan kepada temannya yang melakukan presentasi di depan kelas. Keterampilan berbicara pada siswa tidak terlepas dari cara mengajar yang baik, suasana kelas yang kondusif, dan strategi pembelajaran yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode dalam peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode Jigsaw pada siswa kelas VII A SMP Warga Surakarta tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan dari penelitian ini yaitu apabila pembelajaran dengan metode Jigsaw dilakukan secara terus menerus dapat
meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa yang meliputi siswa aktif dalam pembelajaran, konsentrasi dan fokus selama pembelajaran, siswa berani menyampaikan pendapatnya, siswa merespon pertanyaan dari guru, bekerjasama dengan baik, penggunaan kata/diksi yang tepat, pelafalan yang jelas dan mudah dimengerti dan mampu menjelaskan materi dengan tepat.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.