candi borobudur kerajaan di indonesia

URGENSI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TI DI SMK N 1 KARANGANYAR

Nila Prihartanti, Afitta Tantri, Alvin Demas Arethusa, Istingatus Oktavia, Rahma Nur Laila, Chafit Ulya

Sari


Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat guru dituntut untuk dapat menggunakan media pembelajaran yang dapat menjadikan peserta didik lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam hal ini utamanya penggunaan media pembelajaran berbasis TI yang dapat membuat materi pembelajaran lebih menarik. Namun, pada kenyataannya, banyak guru yang belum mampu memanfaatkan media berbasis TI sebagai salah satu sarana dalam pembelajaran sehingga pembelajaran di kelas masih cenderung monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penggunaan media pembelajaran berbasis TI dalam proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK N 1 Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui kegiatan wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK N 1 Karanganyar dan ditambah dengan kegiatan studi kepustakaan melalui berbagi referensi jurnal. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMK N 1 Karanganyar masih terbatas dalam menggunakan media pembelajaran berbasis TI. Dalam proses pembelajaran, guru hanya memanfaatkan Google Classroom dan media PPT yang dibuat dengan template sederhana. Kemudian, setelah diberikan rekomendasi oleh peneliti mengenai penggunaan media Canva dalam pembuatan PPT dan Edlink untuk membantu kegiatan belajar mengajar, guru di SMK N 1 Karanganyar merespon dengan positif.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.