candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL & MEDIA KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 7 SOLO BARU

Geta Fadzilatul Rahmadhani, Esteen Arum Satyani, Pramudyo Wisnu Suprobo, Rafika Usi Puspita Kusuma Sari, Roni Setiawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan deskripsi mengenai efektivitas penggunaan media ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Dalam penelitian ini dibahas secara pragmatis penerapan media pembelajaran digital maupun konvensional. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif bentuk kualitatif dengan sumber data dari wawancara langsung dengan narasumber guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Islam Al-Azhar 7 Solo Baru, Sukoharjo dan kajian literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam penerapannya media pembelajaran yang berbentuk digital dan berbasis teknologi membuat proses pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih sederhana dan menarik, serta memudahkan guru dalam menyediakan media pembelajaran. Namun, di samping itu, penerapan media pembelajaran Bahasa Indonesia yang bersifat konvensional malah lebih diminati oleh siswa, sebab berbeda dan lebih terlihat kreatif. Kedua media pembelajaran ini, baik digital dan konvensional memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga sebagai seorang guru haruslah bisa menentukan media pembelajaran apa yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.