candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PENERAPAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Dwinanda Wuri Harsanti, Ratna Maeta Lathifah

Sari


Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sering kali terdapat beberapa kendala, salah satunya adalah keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Pada saat guru memberi pertanyaan, mayoritas peserta didik tidak merespons karena materi yang disampaikan belum dipahami dengan baik oleh peserta didik. Peserta didik masih pasif dalam berdiskusi dan belum merasa tertarik dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Kondisi ini dapat memengaruhi keaktifan peserta didik selama pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang kurang optimal pada mata pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap keefektifan belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif menggunakan lembar pengamatan dan refleksi diri. Teknik pengumpulan data menggunakan literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall dapat meningkatkan keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Media Wordwall dapat membantu untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan penguasaan bahasa baku, dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.