candi borobudur kerajaan di indonesia

Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Bantu Utama dalam Pembelajaran Sastra Jawa

Dwi Cahyo Pangestu, Wahyu Rintoko Aji

Sari


Pembelajaran di Indonesia mayoritas menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya. Salah satu proses pembelajaran yang juga menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar adalah pembelajaran sastra Jawa. Materi pembelajaran sastra Jawa yang dianggap sulit oleh peserta didik memerlukan bahasa Indonesia sebagai bahasa bantu untuk mewujudkan pembelajaran yang ideal dan sesuai dengan tujuan yang tertera pada silabus. Pemanfaatan bahasa Indonesia sebagai bahasa bantu utama dalam pembelajaran sastra Jawa di ranah pendidikan memang diperlukan karena dapat memudahkan siswa dan meminimalisasi kesalahpahaman terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu, bahasa Indonesia menjadi bahasa yang menyelamatkan peserta didik dari kesalahpahaman arti dalam pembelajaran sastra Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa bantu utama dalam pembelajaran sastra Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa bantu utama dapat memudahkan peserta didik dalam memahami penyampaian materi pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pembelajaran sastra Jawa, bahasa Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata jika melihat keberadaan dan kebermanfaatannya.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.