candi borobudur kerajaan di indonesia

Unsur Instrinsik dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat pada Masyarakat Bima

Nur Qayimah, Sumarwati Sumarwati, Edy Suryanto

Sari


Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendeskripsikan unsur instrinsik dan nilai Pendidikan yang terdapat dalam cerita rakyat pada masyarakat Bima. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif, penelitian ini difokuskan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang terkait dengan unsur instrinsik dan nilai Pendidikan yang terdapat di dalam cerita rakyat khususnya cerita rakyat yang berkembang dikalangan masyarakat Bima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, yaitu berdasarkan cerita rakyat pada masyarakat Bima yang dianalisis, terdapat unsur intrinsik yang meliputi tema, alur, latar, tokoh atau penokohan, dan amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat. Hal tersebut dapat menggambarkan bahwa cerita rakyat tersebut didasari oleh peristiwa serta struktur cerita yang runtut dan jelas. Selanjutnya yang kedua yaitu pada nilai Pendidikan, setidaknya ada 3 nilai Pendidikan yang terdapat di dalam cerita rakyat pada masyarakat Bima diantaranya meliputi, nilai Pendidikan moral, nilai Pendidikan budaya, dan nilai Pendidikan sejarah.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.