PEMANFAATAN METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Sari
Salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa adalah melalui metode field trip. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan metode field trip terutama dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi dokumen dan meta-analisis. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis dari Miles dan Huberman, diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa field trip berpotensi meningkatkan hasil belajar siswa karena kelebihan field trip salah satunya adalah siswa dapat bersinggungan langsung dengan objek yang dipelajari. Hasil meta-analisis menunjukan bahwa metode field trip meningkatkan hasil belajar peserta didik mulai dari 6,86% sampai 37,51% dengan rata-rata 14,37%.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.