candi borobudur kerajaan di indonesia

MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: LITERATURE REVIEW

Aprilia Rizki Arifah, Retno Winarni, Raheni Suhita

Sari


Perkembangan teknologi berkontribusi besar dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis diperlukan agar pembelajaran tidak monoton. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi, yaitu Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media augmented reality pada pembelajaran bahasa Indonesia dan mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan media augmented reality. Metode penelitian ini adalah system literature review. Data diperoleh dari artikel yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran augmented reality pada pembelajaran bahasa Indonesia, serta kelebihan dan kelemahan media pembelajaran augmented reality. Pencarian literatur dilakukan melalui database Google Scholar dan Publish or Perish. Hasil penelitian menemukan bahwa penggunaan media AR masih sangat sedikit pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Maka dari itu, perlu dilakukan pengembangan media AR pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penerapan ini dapat dilakukan untuk mengembangkan buku ajar berbasis media AR. Buku ajar yang menggunakan media ini tentunya akan lebih interaktif dan menarik

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.