candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI DENGAN PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI PRAKTIKUM AKUNTANSI UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN INDUSTRI

Sohidin -

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini adalah mengekslporasi dan menelaah secara ilmiah tentang pola pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kompetensi khususnya lulusan pendidikan akuntansi. Selama ini bargaining power yang dimiliki lulusan pendidikan akuntansi dalam persaingan kerja masih relatif kecil, sementara itu pihak industri juga masih relatif kecil memperhitungkan kompetensi yang melekat pada lulusan pendidikan akuntansi. Tentu saja pilihan industri lebih banyak dijatuhkan pada para lulusan sarjana ekonomi-akuntansi dikarenakan kompetensi yang dimiliki dianggap lebih banyak dan lebih baik. Anggapan semacam ini tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja oleh para lulusan pendidikan akuntansi, dan menjadi perhatian khusus bagi prodi pendidikan akuntansi.

Rancangan pola pembelajaran yang dijadikan pedoman dalam pembelajaran simulasi telah disesuaikan dengan kebutuhan industri, sehingga materi pembelajaran dalam praktik akuntansi berbasis industri, dengan beberapa keunggulan diantaranya; pembentukan kompetensi yang lebih banyak pada lulusan pendidikan akuntansi, tidak semata-mata pada materi akuntansi semata, namun juga dilengkapi dengan materi karakter teknisi akuntansi, yang mencakup ketelitian, kejujuran, kedisplinan, kepribadian, ketekunan serta kecapakan komunikasi dalam dunia kerja.

Teknik pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran berbasis simulasi dengan materi praktik akuntansi industri. Mahasiswa bermain peran pada berbagai bagian yang ada dalam industri dan juga dilengkap dengan berbagai simulasi dokumen transaksi, serta kecakapan komunikasi dalam berbagai bagian di dunia kerja. Dengan demikian kecakapan yang dimiliki oleh lulusan pada akhirnya mencakup kompetensi di bidang pembelian, penjualan, kas-bank, keuangan, akuntansi, penggajian, personalia, pajak, bagian gudang serta kecakapan leadership dalam dunia kerja. Hasil semacam ini tidak akan tercapai kalau proses pembelajaran hanya berbasis kelas semata yang mengandalkan materi-materi akuntansi secara teoritis.

Hasil yang diperoleh dari penerapan pola pembelajaran berdampak sangat positif, bukan semata-mata mahasiswa paham terhadap praktik akuntansi di dunia kerja, namun lebih dari itu mahasiswa paham tentang bagaimana bisa bersikap, berkarakter, dan memiliki kecakapan komunikasi dalam dunia kerja. Disamping itu mahasiswa menjadi sangat paham tentang keberadaan dokumen dalam akuntansi dan bagaimana secara teknis perlakuan dokumen tersebut dalam kegiatan akuntansi yang luas seperti halnya praktik akuntansi di industri. Kesimpulan dari kajian pola pembelajaran model simulasi ini adalah bahwa pola pembelajaran berbasis simulasi sangat bermanfaat dan mampu membentuk kecakapan dan kompetensi kerja yang besar bagi mahasiswa pendidikan akuntansi.

 

ABSTRACT

 

            The purpose of writing a scientific article is explore and examine scientifically about learning pattern matching to improve the competence, especially graduate accounting education. During this bargaining power possessed graduate accounting education in job competition is still relatively small, while the industry is still relatively small taking into account the competence inherent in graduate accounting education. Of course the industry more choice imposed on the economic-accounting graduates because their competence is considered more and better. Such presumption is of course could not go unpunished by the graduate accounting education, and of particular concern to the department of accounting education.

            The design of the learning patterns are used as guidelines in learning simulations have been adapted to the needs of industry, so that the learning materials in industry-based accounting practice, with several advantages including; the establishment of competence more on graduate accounting education, not solely on accounting material alone, but also comes with the character of material accounting technician, which includes rigor, honesty, discipline, personality, perseverance and communication proficiency in the working world.

            Learning techniques performed with the simulation-based learning materials industry accounting practices. Students play the role of the various parts that exist in the industry and also be equipped with various simulated transaction documents, as well as communication skills in various parts of the world of work. Thus the skills possessed by graduates eventually include competence in the field of purchasing, sales, cash-banking, finance, accounting, payroll, personnel, taxes, warehouse and leadership skills in the workplace. Such results would not be achieved if only the class-based learning process that relies solely material theoretically accounting.

            The results obtained from the application of a very positive impact on learning, not merely familiar to students of accounting practices in the workplace, but more than that the students understand how to behave, character, and have communication skills in the workplace. Besides, the students became very aware of the existence of documents in accounting treatment and how technical the document in a broad accounting activities as well as accounting practices in the industry. Conclusions from the study of the learning pattern simulation model is that the pattern of simulation-based learning is very useful and is able to develop skills and competencies jobs for accounting education students.

 

Kata kunci: pola pembelajaran berbasis simulasi, praktik akuntansi industri, kompetensi akuntansi, kecakapan komunikasi, dan karakter teknisi akuntansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.